![]() |
Indosat kampanyekan Satspam di Medan |
disrupsi.id - Medan |Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) melalui brand IM3 resmi menghadirkan fitur SATSPAM (Satuan Anti Scam dan Spam) di Medan, (24/8).
Teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) dan jaringan 5G untuk melindungi pelanggan dari ancaman penipuan digital yang terus meningkat.
Data Global Anti-Scam Alliance (GASA) 2024 mencatat, 65% masyarakat Indonesia terpapar spam dan scam setiap minggunya. Bentuknya beragam, mulai dari SMS phishing, tawaran kerja palsu, hingga penipuan investasi.
“Di momen kemerdekaan Indonesia ke-80 ini, IM3 mempersembahkan SATSPAM sebagai langkah nyata untuk merdeka dari ancaman scam dan spam. Lebih dari sekadar fitur, SATSPAM menjadi langkah strategis yang menegaskan posisi IM3 sebagai pelopor standar baru keamanan digital di industri telekomunikasi Indonesia. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk menghadirkan 1 Data Asia Scam Report 2024 dari Global Anti-Scam Alliance (GASA) pengalaman digital yang lebih aman bagi masyarakat Indonesia.,” ujar Agus Sulistio, EVP Head of Circle Sumatra IOH.
IM3 menghadirkan dua tipe proteksi:
SATSPAM BASIC: Aktif otomatis untuk seluruh pengguna IM3 Prabayar dengan paket data aktif, tanpa pengaturan tambahan. Pelanggan baru cukup mengaktifkan Kartu Perdana IM3 dengan harga Rp35.000 untuk menikmati fitur ini. Memberikan perlindungan dasar berupa deteksi otomatis terhadap nomor mencurigakan saat menerima telepon atau SMS.
SATSPAM+: Dihadirkan bagi pelanggan yang membutuhkan proteksi yang lebih tinggi, SATSPAM+ menawarkan fitur tambahan yang mampu mengenali berbagai jenis panggilan masuk—apakah itu spam, scam, atau nomor terpercaya—sehingga pengguna bisa mengambil keputusan dengan cepat dan aman. Layanan ini tersedia otomatis untuk seluruh pelanggan IM3 Prabayar dengan paket internet minimal Rp50.000 dan pelanggan pascabayar IM3 Platinum dengan melakukan pemberian ijin akses melalui aplikasi myIM3. SATSPAM+ juga memperluas perlindungan dengan mendeteksi tautan berbahaya dalam layanan pesan singkat (SMS) secara real-time, serta mengirimkan laporan mingguan langsung melalui aplikasi myIM3. Semua ini dihadirkan untuk memastikan perlindungan simpel namun menyeluruh tanpa memerlukan proses yang rumit.
Fitur ini terintegrasi langsung di jaringan IM3 sehingga tidak membutuhkan instalasi aplikasi tambahan. Cukup dengan mengaktifkan kartu perdana atau paket internet, pelanggan otomatis mendapat perlindungan digital real-time.
Dengan pendekatan ini, IM3 tidak hanya menawarkan layanan telekomunikasi, tapi juga menegaskan keamanan digital sebagai hak dasar setiap pengguna internet di Indonesia.
Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.