Etalase Barang Impor Luxury

Pulau Nias Siap Menyambut Masa Depan, Infrastruktur Kelistrikan Terus Membaik


disrupsi.id - Nias | Infrastruktur kelistrikan di Pulau Nias, yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara, terus berkembang pesat. Kini, mayoritas wilayahnya telah menikmati layanan listrik dari PLN dengan sistem yang komprehensif, mirip dengan pulau-pulau besar lainnya.

"PLN mengelola seluruh aspek penyediaan listrik, mulai dari pembangkitan hingga distribusi, dengan fokus pada pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Manager Komunikasi dan TJSL PLN UIP3B Sumatera, Andi Pratama.

Andi mengatakan pembangkit listrik berbagai jenis hadir di Nias misalnya seperti Mobile Power Plan (MPP) PLN Batam dengan kapasitas 1x25 Mega Watt (MW), Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) 5x5 MW dan Pembangkit Listrik Tenaga Disel (PLTD) Aneka Sarana Jaya (ASJ) 9,1 MW di Desa Dahana, Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

"Selain itu, di Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli terdapat PLTD Moawo dengan kapasitas 7,1 MW dan di Nias Selatan terdapat PLTD Bima Golden Powerindo (BGP) dengan kapasitas 4,3 MW," ujar Andi Pratama.

Dengan jumlah pelanggan mencapai 136.161 orang, PLN telah menjangkau berbagai daerah di Pulau Nias melalui jaringan udara dan kabel tegangan menengah yang luas. Namun, dengan pertumbuhan ekonomi dan digital yang cepat, PLN menghadapi tantangan dalam memberikan layanan yang optimal.

"Pertumbuhan ekonomi dan digital yang sangat pesat di Nias juga menjadi tantangan untuk PLN dalam memberikan pelayanan terbaik, salah satunya dengan mengoperasikan Distribution Control Center (DCC) Nias. Hal ini menjadi jawaban PLN dalam memberikan layanan melalui otomatisasi dan digitalisasi di sistem kelistrikan Kepulauan Nias," jelasnya.

Andi menyebutkan pentingnya operasional Distribution Control Center (DCC) Nias sebagai langkah PLN dalam meningkatkan layanan melalui otomatisasi dan digitalisasi sistem kelistrikan di Kepulauan Nias. Untuk memperbaiki kualitas pasokan listrik, PLN juga mengoptimalkan jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kV Gunung Sitoli-Teluk Dalam.

"Dengan hadirnya 402 tower SUTT yang tersebar dari Gunung Sitoli hingga Teluk Dalam, PLN berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan listrik di Nias Selatan yang masih terbilang minim akan pembangkitan. Oleh karena itu, Pulau Nias siap untuk menghadapi tantangan perkembangan ekonomi dan kebutuhan listrik yang meningkat," bebernya. (*)





Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال