disrupsi.id - Medan | PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat pada awal periode long weekend Kenaikan Yesus Kristus yakni Rabu (28/5) terdapat 8.110 penumpang. Jumlah ini mengalami peningkatan 38% dibanding pekan lalu yakni Rabu (21/5) sebanyak 5.867 penumpang.
Menurut Manager Humas KAI Divre I Sumut, M. As’ad Habibuddin, hingga Kamis siang (29/5), sebanyak 27.107 tiket telah terjual untuk periode long weekend 28 Mei–1 Juni 2025. Angka tersebut mencerminkan 50 persen dari total kapasitas kursi yang disediakan selama lima hari masa liburan.
Beberapa rute kereta api yang mengalami peningkatan penumpang mencakup:
- KA Putri Deli (Medan – Tanjung Balai PP): 16.479 tiket
- KA Sribilah Utama (Medan – Rantau Prapat PP): 4.042 tiket
- KA Siantar Ekspres (Medan – Pematang Siantar PP): 5.988 tiket
- KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi – Lalang PP): 142 tiket
- KA Cut Meutia (Krueng Mane – Krueng Geukeuh PP): 456 tiket
Dengan total 28 perjalanan kereta api per hari yang beroperasi selama masa libur, wilayah kerja KAI Divre I Sumut melayani rute strategis yang menghubungkan kota-kota penting seperti Medan, Kisaran, Tanjung Balai, Pematang Siantar, Tebing Tinggi, Lubuk Pakam, hingga Rantau Prapat. Delapan di antaranya melintas di wilayah Aceh.
Guna meningkatkan kenyamanan dan efisiensi, KAI menyediakan layanan Face Recognition Boarding Gate di Stasiun Medan, khusus untuk penumpang KA Sribilah Utama dan KA Putri Deli. Dengan sistem ini, pelanggan tidak perlu lagi menunjukkan tiket atau kartu identitas saat boarding, mempercepat proses masuk ke dalam kereta.
As’ad juga mengingatkan calon penumpang untuk merencanakan perjalanan lebih awal, membeli tiket melalui platform resmi seperti aplikasi Access by KAI atau website kai.id, tiba lebih awal di stasiun guna menghindari keterlambatan, duduk sesuai nomor kursi demi kenyamanan bersama.
KAI Divre I Sumut menegaskan komitmennya dalam menyediakan layanan transportasi publik yang aman, nyaman, dan bebas kemacetan. Dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap transportasi berbasis rel, perusahaan berharap masyarakat dapat menikmati liburan bersama keluarga maupun sahabat dengan penuh kebahagiaan.
"Kami terus berupaya meningkatkan pelayanan selama masa liburan ini agar perjalanan kereta api menjadi pilihan utama masyarakat yang mengutamakan kenyamanan dan efisiensi waktu," tutup As’ad. (*)
Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.