Etalase Barang Impor Luxury

Kekayaan Fantastis Thomas Lembong Mantan Orang Jokowi yang Disinggung Gibran di Debat


Jakarta - Nama Thomas Lembong alias Tom Lembong kini tengah mencuri perhatian publik setelah disebut sebut oleh cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka dalam debat keempat Cawapres 2024.

Gibran menuding cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar, mencontek Thomas saat berbicara tentang pemerataan pembangunan di Indonesia. Sejak saat itu, nama Thomas Lembong melejit sebagai trending topik di berbagai platform media sosial di Indonesia, dengan jumlah cuitan mencapai 91,1 ribu.

Netizen pun tidak ketinggalan memberikan respons terhadap kontroversi ini. Sejumlah akun menyindir Gibran atas klaimnya, menyoroti hubungan Tom dengan ayah Gibran yakni Presiden RI Jokowi.

Tom Lembong pernah menjadi eks menteri di masa pemerintahan Joko Widodo dan kerap kali menulis pidato untuk Jokowi.

Salah satu akun @ctattoo mengirim cuitan, "Gibran, tahukah kamu bahwa pidato ayahmu dicatat dari isi kepala siapa? Tom Lembong." Sementara @petr***** menambahkan, "Gibran, tidak perlu menyindir Cak Imin karena ada Tom Lembong di tim. Ayahmu seringkali mengambil catatan buatan Tom Lembong untuk setiap pidato."

Tom Lembong, yang dikenal sebagai penulis pidato Jokowi, mencatatkan prestasi signifikan dalam karirnya. Mulai dari menulis pidato saat Jokowi menjabat sebagai gubernur hingga pada masa jabatan pertama sebagai presiden. Pidato ikoniknya, seperti 'Game of Thrones' pada pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 dan 'Thanos' di Forum Ekonomi Dunia, menjadi sorotan dunia.

Tom juga memiliki sejarah dalam dunia pelayanan publik. Pada Agustus 2015, Jokowi menunjuknya sebagai Menteri Perdagangan Indonesia, dan kemudian, ia menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dari Juli 2016 hingga Oktober 2019.

Selain kiprahnya dalam dunia politik, kekayaan Tom Lembong juga menjadi sorotan. Terakhir kali dicatat dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK pada 30 April 2020, saat Tom menjabat sebagai Kepala BKPM.

Total kekayaan Tom mencapai Rp101,57 miliar pada 31 Desember 2019, dengan rincian termasuk harta bergerak lainnya, surat berharga, kas, dan harta lainnya. Meski demikian, terdapat juga catatan utang sebesar Rp86,89 juta. Tanah dan bangunan, serta alat transportasi dan mesin, tercatat dengan nilai nol.

Kontroversi seputar Tom Lembong dan perannya dalam politik serta kekayaannya terus menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.(*)




Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال