Etalase Barang Impor Luxury

Anies-Muhaimin Unggul di Aceh, Tiga Kali Lebih Banyak dari Suara Prabowo-Gibran

disrupsi.id - Aceh | Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimain Iskandar (AMIN) raih suara terbanyak di Aceh.

Hal ini diperoleh usai Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh merampungkan rapat pleno rekapitulasi suara pemilu Pilpres 2024 tingkat provinsi.


Bahkan suara pasangan AMIN 3 kali lebih banyak dari pasangan nomor urut 2. Yakni, Anies-Muhaimin raih 2.369.534 suara, sementara Prabowo-Gibran meraih 787.024 suara, sedangkan pasangan Ganjar - Mahfud sebanyak 64.677 suara.


"Alhamdulillah untuk Pilpres sudah, penetapan ini dilakukan setelah kami menuntaskan rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara," kata Saiful Bismi kepada wartawan usai rapat pleno rekapitulasi suara Pilpres tingkat Provinsi di Asrama Haji embarkasi Aceh, Senin (11/3).


Ia menyebutkan sebelum ditetapkan, pihak saksi dari masing-masing pasangan calon juga sudah mengoreksi suara tersebut secara bersama-sama dan ditandatangani.


"Jadi kami menetapkan ini sesuai mekanisme dan sesuai yang di paraf, karena kemarin sudah di koreksi dan sudah ditandatangani saksi pasangan calon," katanya.


Diketahui, jumlah daftar pemilihan tetap (DPT) di Aceh sebanyak 3.742.037 yang terdiri dari laki-laki 1.839.412 dan perempuan 1.902.625 pemilih.Surat suara yang digunakan sebanyak 3.285.272.Kemudian jumlah suara sah sebanyak 3.221.235 dan suara tidak sah 64.037.


Saat ini KIP Aceh juga sudah merampungkan rapat pleno rekapitulasi tingkat DPR RI dan DPR Aceh pada Selasa (12/3) dini hari. Sementara untuk tingkat DPD masih di pending karena ada satu daerah yang masih dihitung ulang karena ketidakcocokan suara hasil C1 di 16 Kecamatan di Kabupaten Pidie.


"Kecuali DPD kita pending karena ada perhitungan ulang," ujarnya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال