Etalase Barang Impor Luxury

Telkom dan Indosat Ooredoo Hutchison Berkolaborasi Memperkuat Infrastruktur Digital


Jakarta - Dua pemimpin industri telekomunikasi di Indonesia, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom) dan PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison atau Indosat atau IOH), telah mengumumkan kemitraan strategis untuk memperkuat infrastruktur digital melalui ekosistem Internet Exchange (IX).

Kolaborasi ini disahkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Telkom Data Ekosistem (NeutraDC) dan BDx Data Centers (BDx), Indosat, dan Lintasarta, BDx Indonesia di Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024, di Honolulu, Hawaii, AS.

CEO NeutraDC, Andreuw Th A F, menyatakan antusiasme atas kolaborasi yang bertujuan meningkatkan infrastruktur digital Indonesia. Dengan menjadi penyedia terdepan dalam neutral ecosystem yang melibatkan AI, CDN, konektivitas, dan layanan cloud, NeutraDC siap untuk demokratisasi akses internet di seluruh Indonesia.

"Langkah berani ini membuka peluang tanpa batas bagi ekonomi digital Indonesia, mengubah lanskap digital regional," ujarnya.

CEO BDx, Mayank Srivastava, menyebut kolaborasi ini sebagai langkah besar menuju penciptaan Infrastruktur Digital Mesh yang paling terhubung untuk Indonesia. Dengan perluasan portofolio, BDx Indonesia kini menjadi penyedia pusat data carrier-neutral terbesar di Indonesia.

"Kolaborasi ini merupakan langkah besar menuju penciptaan Infrastruktur Digital Mesh yang paling terhubung untuk Indonesia - sebuah visi yang didukung oleh BDx Indonesia dan Neutra DC, " sebutnya.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menegaskan kehadiran yang semakin kuat di Asia Pasifik akan signifikan meningkatkan kualitas layanan internet, mempercepat akses informasi positif bagi masyarakat.

“Melalui kolaborasi strategis dan memanfaatkan seluruh layanan yang dimiliki, membuat kami memiliki tolak-ukur kualitas layanan. Melalui keahlian NeutraDC dan BDx Indonesia, kami yakin dapat menciptakan solusi akses informasi yang inovatif dan efisien, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang dinamis dalam menghadapi ekonomi digital regional," urainya.

Sementara itu, President Director and CEO Indosat Ooredoo Hutchison, Vikram Sinha menyatakan tujuan besar Indosat Ooredoo Hutchison adalah menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia. Kolaborasi ini diharapkan memperkuat infrastruktur jaringan internet Indonesia secara signifikan, mempercepat pemerataan digitalisasi dalam negeri.

"Dengan semangat gotong royong, kerja sama ini menunjukkan komitmen Indosat untuk membuka potensi ekonomi digital Indonesia demi kesejahteraan masyarakat luas, " urainya.

Kolaborasi ini, melibatkan pemantapan bisnis pusat data masing-masing, akan meningkatkan kapabilitas dan kapasitas kolokasi. Dengan ekosistem IX yang terkoneksi, para pengguna dapat merasakan fleksibilitas menggunakan berbagai layanan lewat arsitektur keamanan satu pintu.

Melalui manajemen beberapa IX independen, NeutraDC dan BDx Indonesia akan memberikan bantuan teknis untuk menciptakan interkoneksi ekosistem IX yang tangguh, meningkatkan ketahanan infrastruktur internet, dan menciptakan kerangka kerja internet nasional yang lebih efisien.

Telkom, melalui NeutraDC, memiliki peran kunci dalam mendukung transformasi ini dengan pusat data hyperscale di Cikarang dan Batam, serta pusat data enterprise yang tersebar di seluruh Indonesia.

BDx Indonesia, dengan fasilitas di seluruh pulau besar, mengoperasikan portofolio pusat data enterprise dan hyperscale, termasuk pengembangan hyperscale campus di Suryacipta, Jakarta Timur, bersama dengan pengembangan greenfield yang mendukung beban kerja Artificial Intelligence (AI).(*)



Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال