Etalase Barang Impor Luxury

Raih Energy Globe Award 2023, PLN Wakili Indonesia di Tingkat Global


Jakarta - PT PLN (Persero) melalui program Electrifying Agriculture (EA) mendapatkan penghargaan pada ajang Energy Globe Award atas upaya mendorong ekonomi berkelanjutan pelaku usaha di sektor agrikultur. Penghargaan itu mengantarkan PLN menjadi satu-satunya perusahaan yang mewakili Indonesia di ajang internasional.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian ini. Dia menyebut penghargaan tersebut sebagai bukti kontribusi PLN dalam membuka akses listrik untuk masyarakat.

"Penghargaan Energy Globe menjadi pendorong bagi PLN untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan bisnisnya," kata Darmawan di Jakarta, Selasa (23/1/2024). 

Menurutnya PLN terus berkomitmen meningkatkan kemudahan dan keandalan akses listrik, sementara program EA berhasil memberikan dampak positif terhadap produktivitas dan efisiensi operasional pelaku usaha di sektor agrikultur.

"Kehadiran program EA berkontribusi pada peningkatan produktivitas dan efisiensi operasional pelaku usaha agrikultur, di saat bersamaan juga mendorong peralihan menuju energi bersih," ujarnya.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Gregorius Adi mengungkapkan keberhasilan program EA berasal dari kreativitas kelompok tani di Indonesia, khususnya inisiatif petani buah naga di Banyuwangi.

Mereka menggunakan lampu pada malam hari untuk meningkatkan pertumbuhan buah naga, dan hasilnya adalah panen yang lebih sering. Program ini tidak hanya menghemat biaya operasional hingga 75 persen tetapi juga membuka jalan bagi inovasi lebih lanjut.

"Keberhasilan program EA tidak hanya meningkatkan ekonomi, tetapi juga menarik minat kaum muda untuk terlibat dalam sektor agrikultur," tambah Gregorius.

Energy Globe Award, yang diselenggarakan oleh Energy Globe Foundation, memberikan apresiasi global terhadap proyek-proyek berfokus pada efisiensi energi, keberlanjutan, dan pemanfaatan energi terbarukan.

Duta Besar Austria untuk Indonesia, Thomas Loidl menyampaikan apresiasinya terhadap PLN dan programnya yang berkontribusi pada aspek keamanan energi.

"Diskusi energi tidak hanya mengenai akses listrik yang tidak terputus, namun juga berkaitan erat dengan perekonomian. Terima kasih PLN telah hadir hari ini," ujar Thomas.

Pada kesempatan yang sama, Commercial Counsellor Kedutaan Besar Austria untuk Indonesia Sigmund Nemeti memaparkan bahwa ajang penghargaan ini telah berjalan sejak tahun 2000 di lebih dari 180 negara.

"Banyak solusi inovatif terkait permasalahan lingkungan yang kurang mendapat perhatian, bahkan belum diketahui secara luas, " ungkapnya.

Sigmund mengatakan, apresiasi kepada PLN itu diraih berkat keberhasilan mengimplementasikan program EA selama kurun 2021-2022 melalui 186 program yang dilakukan di 24 provinsi di seluruh Indonesia.

"PLN dan programnya Electrifying Agriculture menjadi pemenang Energy Globe Award 2023 Indonesia. Program ini mendukung bisnis sektor agrikultur, peternakan, perkebunan hingga perikanan dengan meningkatkan kualitas dan keamanan pangan Indonesia," jelasnya.

Selain itu, Energy Globe Foundation juga mengapresiasi kesuksesan program EA dalam mengerek bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang mendorong peningkatan manfaat pada 11.467 pekerja. Kemudian, Energy Globe Foundation juga mendukung langkah PLN menyediakan platform marketplace di aplikasi PLN Mobile. (*)



Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال