KKSU 2025 Tampilkan Fashion Etnik & Kopi Juara Dunia


disrupsi.id - Medan | Penyelenggaraan Karya Kreatif Sumatera Utara (KKSU) 2025 yang berlangsung di Delipark Mall Medan semakin semarak dengan hadirnya berbagai kegiatan menarik mulai dari talkshow interaktif hingga kompetisi berkelas internasional, Sabtu (19/7/2025).

Acara ini merupakan hasil kolaborasi antara Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memperkuat sektor UMKM serta memperluas jangkauan ekonomi kreatif ke pasar nasional dan global.

Pada kesempatan ini, Sumatra Fashion Etnic menghadirkan Lomba Fashion Designer yang menampilkan karya-karya inovatif dari 10 finalis terbaik yang terpilih serta pagelaran busana dari 20 desainer UMKM Binaan KPwBI Provinsi Sumatera Utara.

Para desainer muda ini memadukan wastra khas Sumatera Utara dengan tren fashion kontemporer, sehingga menghasilkan koleksi busana yang tidak hanya mencerminkan identitas budaya lokal, tetapi juga berdaya saing global.


Rangkaian acara semakin menarik dengan sesi talkshow bertema “From Local to Global: Creating Sumatra Fashion Export-Ready”. Talkshow ini menghadirkan dua nama besar dalam dunia fesyen nasional: Deden Siswanto dan Taruna Kusmayadi. Kedua desainer ini berbagi pengalaman mengenai strategi menembus pasar global melalui penguatan identitas lokal dan inovasi desain.

Selain itu, area Sumatra Coffee Journey KKSU menghadirkan kompetisi Sumatra Barista Championship dan Asia Manual Brew (V60) dengan turut menghadirkan peserta dari negara tetangga, diantaranya Malaysia dan Singapura serta dinilai oleh para juri internasional yang memiliki reputasi di bidang specialty coffee.

Ajang ini menjadi salah satu platform strategis untuk meningkatkan eksposur kopi Sumatera Utara ke pasar dunia. Rangkaian kegiatan ini juga diisi talkshow bersama finalis Duta Kopi Digital dengan narasumber Remaja Tampubolon, motivator nasional yang memberikan materi mengenai “Pentingnya Wirausaha Muda Melek Digital”.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumatera Utara, Rudy Brando Hutabarat, menyampaikan bahwa tingginya antusiasme masyarakat menjadi indikator positif keberhasilan KKSU 2025 hari kedua.


“KKSU hari ini mencatatkan kunjungan dari ribuan pengunjung baik lokal maupun mancanegara, menunjukkan besarnya minat masyarakat terhadap produk UMKM unggulan dan kegiatan kreatif yang ditampilkan,” ujar Rudy.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa KKSU tahun ini kembali dilaksanakan selama tiga hari penuh, menghadirkan lebih dari 300 UMKM unggulan dari berbagai wilayah di Sumatera. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid, baik offline di Delipark Mall Medan maupun online melalui portal resmi www.karyakreatifsumut.com.

Adapun rangkaian kegiatan strategis dalam KKSU 2025 antara lain: Sumatra Coffee Journey: Pameran kopi berskala internasional, Sumatra Fashion Ethnic & Sumut Fashion Week: Pameran dan pagelaran busana dari sektor wastra dan kriya UMKM, dan Teras Kuliner Sumatera Utara: Wadah promosi kuliner khas daerah yang memperkenalkan keanekaragaman rasa dan budaya Sumut.

Melalui KKSU 2025, Bank Indonesia terus mendorong UMKM agar terus naik kelas dan berorientasi global, sehingga produk UMKM tidak hanya dipasarkan dalam negeri melainkan dapat dipasarkan secara lebih luas hingga ke mancanegara. (*) 

Baca Juga

Baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News.

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال